Indonesia

Overview Sistem Pendidikan Indonesia[review]

hari ini alhamdulillah berkesempatan untuk hadir di acara Lentera 20, memang untuk hari ini sengaja saya sempatkan untuk hadir di diskusi rutin bulanan Lentera 20 karena ada yang khusus untuk hari ini. tema yang diangkat di diskusi kali ini adalah overview sistem pendidikan nasional sekaligus sosialisasi Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) yang dibawakan oleh pak Anies Baswedan.

sengaja saya sempatkan hadir karena saya tertarik dengan GIM ini. nanti di akhir tulisan akan saya jelaskan lebih lanjut tentang GIM, tapi sebelumnya saya coba explore tentang beberapa gagasan tentang pendidikan yang saya dapatkan dari diskusi yang berjalan hari ini.

pada awal pembicaraan, Pak/mas anies baswedan mengucapkan sebuah kata-kata yang saya pikir cukup inspiratif. Ketika beliau sedikit berkomentar tentang Pak Husein Ibrahim, beliau ini usianya sudah 68 tahun, tapi jiwa mudanya sangat bergelora. mas anies baswedan katakan, “beda antara orang muda dan orang tua adalah, orang muda membicarakan masa depan, dan orang tua menceritakan masa lalu…”, dan memang sepertinya kalimat ini kurang lebih tepat untuk menggambarkan beda orang muda dan orang tua bila dilihat dari pola pikirnya bukan dari usia- karena kalau secara usia, pak husein memang sudah cukup sepuh-

gagasan tentang orang muda dan orang tua ini cukup menarik untuk dipahami lebih dalam, walaupun menurut saya tidak ada yang salah dari keduanya. bukan berarti bahwa menjadi tua secara usia atau pola pikir itu salah, karena ada saatnya kita juga perlu melihat ke belakang untuk mengambil pelajaran yang baik. tapi memang menjadi hal yang luar biasa ketika ada seseorang yang telah matang secara usia dan telah lama menjalani kehidupan tapi memiliki pandangan ke depan, artinya orang-orang seperti ini memiliki paduan antara pengalaman dan cita-cita yang begitu padu dalam dirinya, dan memang jarang kita bisa temuai orang-orang seperti pak Husein ini..

kemudian, mas anies menjelaskan mengenai cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 (still u remember?, kalo nggak cari aja ya ato tanya ke om google..^^), setidaknya ada 4 cita-cita bangsa Indonesia disana. tapi beliau mencoba untuk merebuild pola pikir terhadap cita-cita tersebut dengan menjadikan itu sebagai janji bangsa indonesia terhadap kemerdekaan. sebagai sebuah janji tentulah itu adalah hal yang harus dilunasi, dilunasi oleh siapa? oleh seluruh bangsa indonesia, tidak hanya pemerintah…salah satu yang tercantum disana adalah janji untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan inilah yang menjadi gagasan utama dibangunngya GIM tersebut.

beliau memaparkan sebuah data tentang angka penerimaan dan kelulusan tiap jenjang pendidikan formal di Indonesia dari tahun 2005 sampai 2007. angka siswa yang mendaftar ke sekolah dasar (SD) berkisar pada 4,6 juta siswa, tapi pada tahun yang sama jumlah lulusan Perguruan Tinggi hanya 0,3(0,285) juta saja…artinya ada degradasi jumlah siswa di SD dan yang bisa melanjutkan hingga lulus ke perguruan tinggi. artinya ada 4,1 juta teman-teman kita yang dahulu ketika kelas 1 SD duduk belajar bersama kita tidak sanggup untuk melanjutkan hingga ke jenjang sarjana…

kemudian ada gagasan menarik lain yang disampaikan oleh mas anies baswedan, yaitu apabila setiap kita ditanya tentang apa saja kekayaan negeri ini, maka hampir pasti atau sebagaian besar kita akan menjawab dengan emas, minyak bumi, batu bara, dan lain sebagainya berupa mineral di alam, atau menurut saya mungkin akan ada yang menjawab budaya berupa tari-tarian, bahasa, suku-suku dan hal yang seperti itu. tapi akan jarang sekali yang menjawab dan mengatakan bahwa manusia indonesia itu sendiri adalah kekayaan terbesar negeri ini.

ada sebuah survey yang dilakukan sebuah majalah bisnis terkenal (saya lupa), disana disampaikan bahwa yang menjadi penentu kemajuan sebuah negara 45%nya adalah inovasi, 25% adalah teknologi, 20%lainnya adalah networking, dan hanya 10% saja yang ditentukan oleh sumber daya alam. dari sana dapat terlihat, 90% kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh hasil daya cipta kreasi manusia. itulah mengapa sumber daya manusia bangsa ini begitu penting untuk ditingkatkan kualitasnya.

kemudian kita beralih ke GIP itu. apa itu GIP, GIP adalah sebuah gerakan yang dibangun untuk menanggulangi ketimpangan jumlah pendidik antara daerah di jawa dan diluar jawa, khususnya daerah pelosok. GIP sendiri terinspirasi oleh sebuah gerakan serupa yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa UGM pada tahun 50an yang dinamakan PTM (pengerahan tenaga mahasiswa) untuk menjadi pengajar ke pelosok-pelosok tanah air dan memberikan pengajaran kepada siswa-siswa SMA yang dikemudian hari berhasil mengangkat derajat ribuan warga negara, dari kelas ekonomi bawah menjadi kelas menengah pada tahun 80an. itulah kelas menengah pertama yang ada di Indonesia setelah sebelumnya pada masa pasca kemerdekaan 95%penduduk negeri ini tidak bisa baca tulis. dampak yang luar biasa. hanya saja bedanya GIP ini diperuntukkan kepada sekolah-sekolah dasar (SD).

sebenarnya saya begitu tertarik dengan gerakan ini dan punya niat yang besar untuk dapat bergabung, karena gerakan ini sangat sesuai sekali dengan visi misi hidup saya untuk melakukan peningkatan kualitas individu-individu manusia seluas-luasnya. namun sepertinya sayang sekali, untuk tahap pertama GIP ini di tahun ini, batas akhir pengumpulan berkas adalah bulan juli, sedangkan saya blum bisa menyelesaikan tahap akhir skripsi saya di bulan juli ini, dan tahap berikutnya ada di bulan februari tahun depan, dan sepertinya pada saat itu saya sudah harus kembali berkutat dengan sekolah saya selanjutnya, selain juga saya menghadapi kendala di salah satu persyaratan..(hiks)…

tapi bukan berarti untuk mengabdi dan mendidik harus melalui jalur ini, masih banyak peluang yang tersedia untuk melakukan itu bukan!!…dan sepertinya saya akan memiliki kegiatan serupa di masa depan…

untuk informasi tentang GIP sendiri, bisa teman-teman lihat di www.indonesiamengajar.org

Standard

2 thoughts on “Overview Sistem Pendidikan Indonesia[review]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s